Berbagai Jenis Facebook Ads untuk Promosi Melalui Iklan FB

 Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook mengklaim sudah memiliki pengguna aktif sebesar 2 miliar orang untuk setiap bulannya. Dengan memasang iklan di media sosial terbesar di dunia ini, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang sangat luas.

Apa Itu iklan Facebook atau Facebook Ads?

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan Fanspage bisnis yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan bisa diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Ada banyak tahapan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya bisa memasang iklan di Facebook. Salah satunya adalah mengetahui berbagai jenis Facebook Ads.

8 Jenis Facebook Ads

jenis-facebook-ads

Berikut ini merupakan jenis Facebook Ads yang bisa Anda gunakan untuk promosi, dan beberapa contoh iklan Fb Ads.

1. Facebook Video Ad

Facebook video Ad menawarkan konten yang lebih menarik. Video akan menjadi lebih cepat populer di kalangan pengunjung facebook setiap harinya. Bahkan, 50% dari mereka yang mengunjungi Facebook setiap hari, setidaknya menonton satu video sehari, dan hal ini tentunya akan meningkat setiap tahunnya. Apabila Anda sedang mencari jenis Facebook Ads yang sangat menarik, tidak ada salahnya kalau Anda mencoba jenis iklan video ini, bukan?

Perlu beberapa inspirasi? Berikut ini merupakan contoh iklan Fb Ads tampilan Facebook video ads.

jenis-facebook-ads-video-ad-

“Apa yang membuat Facebook video Ads ini begitu besar?”

Tampilan ini sangat visual dan menarik. Facebook video Ads ini lebih relevan dengan apa yang diperhatikan oleh kebanyakan orang, tidak perlu terlalu lama, singkat saja yang penting cukup untuk memberikan informasi tentang produk apa yang dicari oleh banyak orang dalam momen tertentu.

Ini mencakup nilai proporsi yang pas. Perusahaan menunjukan sebagaian besar pilihan untuk hadiah liburan di dalam website mereka. Dari iklan Facebook video Ads, orang yang melihat akan berpikir bahwa di website itulah mereka akan berhenti mencari, dan mulai untuk melakukan penawaran.

Lalu, bagaimana cara Anda supaya bisa membuat Facebook video Ads Anda sendiri?

Pertama, Anda pahami terlebih dahulu kebutuhan iklan Facebook video Ads, termasuk panjang dan ukuran video. Saran AdwordsAds, buatlah video sesingkat mungkin dengan memasukan informasi yang menarik, walaupun Facebook memungkinkan Anda untuk upload video yang jauh lebih panjang durasinya. Dengan membuat video yang menampilkan produk atau layanan, dan melakukan upload video langsung ke manajer iklan Facebook dengan mengikuti semua petunjuknya.

2. Facebook Photo Ad

Tipe lain dari iklan di Facebook Ads adalah sebuah postingan gambar. Jenis ini adalah salah satu iklan yang paling populer dari Facebook Ads dengan adanya dukungan konten visual. Ukuran optimal Facebook News Feed adalah 1200×628 pixel. Sesuaikan gambar promosi berdasarkan kebutuhan target dan konten yang bisa menarik pengunjung.

Berikut adalah contoh iklan Fb Ads dari NatureBox:

jenis-facebook-ads-photo-ad

Mengapa jenis Facebook Ads ini sangat menjanjikan?

Facebook Ads jenis ini sangat relevan. Semua orang suka cemilan! Kebanyakan mereka yang melihat iklan ini adalah penggemar dari beberapa perusahaan gaya hidup, dan di dalamnya ada sebuah penawaran. Apa sajakah itu?

Dalam Facebook Ads ini memiliki value (nilai). Pertama, “percobaan gratis” adalah hal yang membuat sebagian besar orang akan tertarik dan memutuskan untuk mencobanya. Kedua, disana sudah jelas menyebutkan aspek yang sehat dari produk yang mereka promosikan.

Mereka meminta Anda untuk mencoba produk secara gratis, dan tentunya hal ini tidak bisa lebih mudah untuk mengetahui untuk langkah yang selanjutnya bukan?

3. Facebook Multi-Product Ad

Fb Ads jenis multi-produk memungkinkan pengiklan untuk menampilkan beberapa produk dalam satu iklan. Semua orang akan melihat gambar yang tampil dan melakukan klik pada link website yang ada di setiap produknya. Disini Anda dapat mempromosikan apa saja, bukan hanya produk sebatas saja, seperti posting yang berbeda di tiap website, ebooks, atau webinar. Facebook Ads jenis ini bisa dibuat pada halaman Facebook Editor.

Berikut ini adalah contoh iklan Fb Ads multi-produk dari Shutterfly dengan tambahan gambar yang digunakan dalam iklan. Setiap gambar memiliki tawaran yang berbeda, untuk menarik banyak demografis yang berbeda dalam satu iklan.

jenis-facebook-ads-multi-product-ad

Mengapa jenis Facebook Ads ini bagus?

Facebook Ads sangat visual. Mereka menggunakan warna yang sangat baik di sini, dan gambar yang menarik untuk dilihat secara visual. Selain itu, orang yang melihat ini suka mengambil foto dan menciptakan hadiah sentimental.

Memiliki value yang sangat jelas untuk pengguna, setiap 40% sisa produk yang diiklankan menggunakan Fb Ads. Kode dan tanggal akhir penjualan juga sangat jelas dalam deskripsi iklan. Fb Ads ini juga memiliki tambahan nilai yang menunjukkan berbagai cara menggunakan Shutterfly.

4. Facebook Local Ad

Iklan lokal di Facebook Ads hanya bekerja apabila bisnis memiliki toko fisik atau kantor tetap. kalau Anda termasuk dalam kategori ini, maka iklan Facebook local ad ini mungkin sangat cocok untuk Anda, karena Anda bisa menjangkau customer yang lebih luas.

Apabila bisnis Anda memiliki transaksi di toko Anda, maka siapkan beberapa iklan di Facebook ads yang muncul untuk customer yang dekat dengan toko Anda. Persiapkan iklan ini beberapa hari sebelum acara di mulai dan tampilkan pada perangkat mobile saat acara sedang terjadi. Anda mungkin ingin mengundang beberapa orang di hari acara yang kebetulan berada di daerah dan melihat Facebook Ads pada smartphone mereka.

Contoh iklan Fb Ads dari Mizzou Kampus bersantap:

jenis-facebook-ads-local-ad

Mengapa jenis Facebook Ads ini begitu efektif?

Gambar ini merupakan kebanggaan kampus, dan logo yang cukup menarik mahasiswa baru.

Facebook Ads ini kemungkinan hanya ditampilkan pada siswa yang ada dilingkup kampus dan dekat dengan lokasi tokoh tersebut. Hal ini memiliki arti apabila Anda memiliki usaha baik rumah makan atau apapun itu pada daerah tertentu. Selain itu, pasar Mizzou cukup memberi informasi bahwa mereka juga menyediakan berbagai macam kebutuhan makanan besar.

Iklan ini juga memiliki opsi untuk menunjukkan lokasinya, sehingga sangat mudah ditemukan siapa saja dan dimana saja untuk mengikuti lokasi yang menuju ke tempat tersebut.

5. Facebook Offer Ad

Jenis Facebook Ads tawaran iklan adalah bentuk baru dari iklan Facebook, yang dimana Anda bisa mencantumkan diskon saat promosi pada produk atau layanan yang dapat dilakukan menggunakan Facebook Ads.

Apa manfaat jenis Facebook Ads ini? Mempermudah calon pembeli yang bisa meningkatkan penjualan dengan cepat.

Facebook memungkinkan Anda untuk membuat jenis Facebook Ads ini di Ad Manager Iklan atau Editor Power. Anda bisa memilih untuk memiliki iklan tersebut ditampilkan pada audiens Anda seperti Feed Berita, kolom kanan, atau di aplikasi mobile mereka.

Jenis Facebook Ads tawaran iklan ini memiliki banyak manfaat. Pertama, mampu mendorong pengguna langsung menuju ke tawaran tersebut, pengguna bisa mengklaim langsung di Facebook, menghapus setiap pengalihan untuk menuju ke website tawaran promosi tersebut. Anda juga bisa mengatur target audiens sesuai dengan yang Anda inginkan, karena facebook menargetkan semua opsi berdasarkan minat.

Akhirnya, Anda bisa mencakup semua informasi yang diperlukan untuk pengguna, suoaya mereka bisa memutuskan apakah menginginkannya atau tidak, termasuk jangka waktu juga bisa digunakan, jumlah orang yang telah mengklaim itu, dan jumlah yang tepat untuk penawaran tersebut.

Berikut ini adalah contoh iklan Fb Ads dari tawaran iklan dari Market Jasper.

jenis-facebook-ads-offer-ad

Dalam contoh ini, kita tahu persis berapa banyak tawaran itu berakhir, dan bagaimana cara mendapatkannya.

Visualisasi gambar yang sangat berwarna dan set-up yang baik bisa mempengaruhi minat seseorang. Jenis Facebook ini tepat waktu, karena tawaran akhir juga ikut disertakan, dan mempromosikan toko yang dimana orang akan cenderung untuk berbelanja.

6. Facebook Event Ad

Jenis Facebook Ads promosi acara. CTA pada iklan tersebut biasanya akan langsung mengarahkan pengguna menuju halaman pembelian produk. Dengan menggunakan jenis Facebook Ads ini akan membantu untuk mendorong beberapa target orang untuk menghadiri acara Anda. Jenis Facebook Ads ini akan muncul di News Feed sesuai jangkauan orang tertentu yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Jenis Facebook Ads event adalah bagian besar dari kebanyakan bisnis. Tapi, mendapatkan orang untuk menghadiri sebuah acara bisa sangat rumit. Dengan mempromosikan acara Anda kepada audiens yang spesifik ditargetkan dalam Facebook Ads bisa membantu untuk mendorong hadirnya peserta tetap.

Berikut ini adalah contoh iklan Fb Ads jenis Event ad.

jenis-facebook-ads-event-ad

Mengapa jenis Facebook Ads ini menjadi salah satu iklan yang terbaik?

Jenis Facebook Ads ini saja bernilai seribu kata yang menggambarkan tentang betapa menyenangkannya konser ini. Tidak hanya sebatas itu saja, gambar di pantai itu juga diambil pada hari yang sangat indah dan panggung yang tampak luar biasa. Sangat jelas kalau hal itu adalah yang diharapkan selama acara, dan bisa menarik perhatian sebagian besar orang melalui News Feed mereka.

Di samping itu, informasi biaya tiket juga jelas disampaikan, sehingga mereka tahu sebelum melakukan klik. (Ini juga baik untuk pengiklan: adanya informasi harga yang memungkinkan pengguna untuk memilih sendiri berdasarkan kemampuan daya beli mereka.

7. Facebook Retargeting Ad

Jenis Facebook Ads penargetan ulang mempromosikan iklan mengajak orang untuk daftar dan tentunya, sudah di identifikasi sebelumnya. Apakah Anda pernah melihat Fb Ads yang mengajak anda untuk mengunjungi dan mengikuti website tertentu? Maka Anda telah melihat jenis Facebook Ads iklan penargetan ulang.

Facebook Ads memiliki kemampuan yang sama. Pengiklan bisa beriklan melalui daftar lead atau pelanggan dengan mengunggah daftar alamat email mereka yang sudah masuk ke Editor Power untuk membuat pernargetan pemirsa khusus.

Contoh iklan Fb Ads jenis retargeting ad.

jenis-facebook-ads-retargeting-ad

Apa yang menyebabkan jenis Facebook Ads ini sering dipakai?

Tidak terlalu banyak memerlukan display, dan memberi ide yang baik dari apa yang sudah diharapkan oleh customer.

Ini mencakup nilai proporsi yang menarik. Hotel mewah tersedia dengan penawaran ekslusif untuk pengunjung awal, hal ini tentunya akan membuat sebagian besar orang tidak bisa lepas pandangannya dari sini. Serta melanjutkannya dengan mengunjungi website.

8. Facebook Boosted Post

Hal ini berbeda dari facebook ads di atas, karena tidak dibuat dalam manajer iklan. Anda dapat memasukan lebih deskripsi lebih lengkap, karena tidak ada batasan untuk jumlah kata pada posting seperti pada jenis Facebook Ads yang lainnya. Anda juga bisa memasukan link website Anda.

Mendorong orang yang melihat Fb Ads Anda meninggalkan pesan untuk penawaran, penargetan, dan harga. Mereka juga tidak bisa menjalankan pengujian antara iklan A / B, karena Anda mempromosikan posting yang sudah diciptakan, tidak membuatnya dari awal.

Berikut ini adalah contoh iklan Fb Ads boosted post dari Fabletics.

jenis-facebook-ads-boosted-post

Apa yang membuat jenis Facebook Ads ini bisa sukses?

Facebook Ads dengan gambar model fit cenderung bekerja lebih praktis dari pada yang lainnya. Warna dan pencahayaan yang sangat cocok dengan warna teks dan kotak latar belakangnya juga.

Jenis Facebook Ads ini adalah hal yang sangat menarik. Sebuah pakaian seharga $ 25 ditambah dengan ongkos pengiriman gratis adalah nilai yang cukup besar dan menarik. Hal itulah sebabnya mereka melakukan diskon tidak hanya sekali saja, tapi dua kali dengan tulisan besar.

Diatas merupakan informasi mengenai Jenis Facebook Ads yang bisa Anda gunakan untuk promosi, dan beberapa contoh iklan Fb Ads sebagai pelengkap supaya Anda lebih memahaminya.
Lebih baru Lebih lama