Sebelum kita belajar cara membuat Iklan di Fb Ads, perlu diketahui juga kalau Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang terbesar pengguna aktif Facebook di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Berdasarkan data yang sudah dirilis oleh KataData, Indonesia sudah menyumbangkan 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017 yang lalu. Artinya lebih dari setengah penduduk di negara Indonesia aktif menggunakan media sosial Facebook.
Sebagai pemilik bisnis dan usaha, apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika melihat ada banyak orang Indonesia yang menggunakan media sosial Facebook? Tentu, disini Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai kebutuhan media promisi Anda supaya bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara.
Apa itu Fb Ads?
Penempatan iklan pada Fb Ads ini biasanya terletak di beranda atau sidebar. Ada berbagai jenis iklan yang sudah disediakan oleh Fb Ads. Apabila dilihat dari bentuknya, ada iklan video dan gambar. Dilihat dari tujuannya, Fb Ads juga memiliki beberapa kategori iklan seperti, Impression, Traffic, Lead dan sebagainya.
Selain karena jumlah pengguna aktifnya yang banyak dan terus meningkat setiap tahunnya, sebagai salah satu platform iklan, Fb Ads juga memiliki berbagai kelebihan yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis Anda. Apa saja kelebihan Fb Ads? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:
Kelebihan Fb Ads
Setelah anda mengetahui apa itu Fb Ads, berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa Anda harus memasang iklan di Facebook Ads.1. Pengguna Aktif
Pengguna aktif media sosial Facebook sangat banyak di Indonesia. Facebook adalah media sosial terbesar kedua di Indonesia setelah YouTube.Orang Indonesia biasanya menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam 23 menit per hari di media sosial Facebook yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini.
2. Demografi Beragam
Selain memiliki pengguna aktif yang sangat banyak, demografi pengguna Facebook juga sangat beragam. Berdasarkan laporan dari We Are Social pada tahun 2018 yang lalu, sebanyak kurang lebih 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan.Dilihat dari pengelompokan usia, Facebook juga menawarkan target audience yang bermacam-macam. Karena Facebook memiliki sebaran pengguna aktif dari kelompok remaja sampai dewasa.
3. Target Spesifik
Dari sekian banyaknya pengguna yang aktif dengan demografi sangat beragam, disini Anda juga bisa menentukan target Fb Ads Anda lebih spesifik. Seperti hanya menargetkan iklan berdasarkan lokasi, usia, sampai minat dan hobi saja.4. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup
Mungkin Anda juga sudah memiliki fanspage untuk bisnis di Facebook dengan jumlah followers yang sudah ribuan atau bahkan puluhan ribu. Sayangnya, saat ini Facebook sudah menerapkan sistem timeline non linear yang dimana menyebabkan follower Fanspage Anda terlambat atau bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang sudah Anda posting di fanspage. Bagaimana solusinya? Disini Anda bisa memanfaatkan Fb Ads.Fb Ads tidak hanya sebatas menambah jangkauan followers Fanspage Anda saja, tetapi juga bisa mendapatkan followers yang baru.
5. Remarketing
Sama halnya dengan iklan di Google Ads, Fb Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan adanya fitur ini, maka target audience Anda tidak hanya sebatas melihat iklan Anda di Facebook saja, tetapi akan muncul juga di website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.Dengan begitu, maka Anda bisa mempertahankan buying intent dari target audience Anda melalui Fb Ads yang sudah tersebar di media sosial Facebook, dan website serta aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook juga.
6. Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing
Fb Ads juga sudah menyediakan berbagai pilihan untuk tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, sampai melakukan pembelian produk.Anda bisa memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang sesuai dengan bisnis yang Anda miliki. Lebih lengkapnya, akan AdwordsAds bahas dibawah mengenai cara membuat dan memasang Fb Ads untuk beriklan di Facebook.
7. Harga Facebook Ads yang Murah
Dibandingkan dengan platform iklan yang lainnya, Fb Ads masih bisa dibilang memiliki harga iklan yang sangat murah. Dengan biaya iklan Rp 10.000,- saja, disini Anda sudah bisa untuk menayangkan iklan melalui Fb Ads.Tidak hanya sebatas itu saja, Fb Ads juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan anggaran iklan yang bisa memaksimalkan jangkauan Fb Ads, namun dengan biaya yang terjangkau. Apabila Anda sudah mahir dalam memilih target audiens Fb Ads Anda, maka Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.
Berikut ini merupakan jenis-jenis Fb ads serta ulasannya.
Jenis iklan Facebook photo ad sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk. Karena, perhatian audiens akan langsung melihat pada gambar.
Oleh sebab itu, gunakan foto yang menarik, powerful, memiliki resolusi yang bagus, serta penyampaian pesan yang tepat dengan sasaran. Selain itu, pastikan juga ukuran yang digunakan memang sudah tepat.
Jenis Facebook Ads
Ada berbagai jenis Fb ads yang bisa digunakan untuk promosi produk, jasa, bisnis, atau usaha Anda. Dengan Anda mengetahuinya, maka Anda bisa menilai sendiri jenis Fb Ads manakah yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda.Berikut ini merupakan jenis-jenis Fb ads serta ulasannya.
1. Facebook Photo Ad
Jenis Fb Ads yang pertama adalah Facebook Photo Ad. Jenis Fb Ads yang satu ini merupakan yang sangat mudah. Sebab, disini Anda hanya perlu memberikan foto, tombol CTA, dan juga link atau URL website Anda saja.Jenis iklan Facebook photo ad sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk. Karena, perhatian audiens akan langsung melihat pada gambar.
Oleh sebab itu, gunakan foto yang menarik, powerful, memiliki resolusi yang bagus, serta penyampaian pesan yang tepat dengan sasaran. Selain itu, pastikan juga ukuran yang digunakan memang sudah tepat.
2. Facebook Video Ad
Ingin membuat Fb Ads Anda tidak terlihat membosankan? Jenis iklan Facebook video ad bisa menjadi solusinya.Dengan menggunakan iklan format video, maka Fb Ads Anda bisa mencapai beberapa target yang menjadi tujuan. Untuk menampilak kualitas dari produk dan layanan, serta menarik perhatian audiens dengan cepat, serta bisa mengarahkan calon pelanggan Anda untuk melakukan action tertentu.
3. Slideshow
Apabila Anda ingin membuat dan memasang Fb Ads untuk berbagai produk atau layanan dalam sekali posting saja, maka jenis iklan slideshow adalah pilihan yang sangat tepat. Disini Anda bisa melakukan kombinasi antara gambar, video, teks, sampai suara, supaya informasi yang disampaikan bisa jauh lebih maksimal.Facebook juga akan memberikan Anda kesempatan untuk membuat slideshow ad dengan jumlah 3 sampai 10 gambar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan efek sendiri pada gambar supaya bisa lebih menarik lagi untuk dilihat.
4. Carousel
Berikutnya, ada Fb Ads jenis carousel. Sekilas, mungkin jenis Fb Ads yang satu ini sedikit mirip dengan slideshow. Namun, ada perbedaan yang cukup besar.Pada Fb Ads jenis slideshow, satu per satu gambar akan muncul secara bergantian dalam satu tampilan. Sedangkan carousel bisa langsung menampilkan deretan gambar dalam satu tampilan.
Menariknya lagi, disini Anda juga bisa menyematkan tombol CTA dalam setiap gambar. Itu artinya, kesempatan untuk bisa mendapatkan konversi dari berbagai promosi produk akan lebih besar.
5. Instant Experience
Berbeda dengan jenis Fb ads yang sebelumnya, instant experience dibuat untuk mengoptimalkan promosi pada perangkat seluler. Dengan instant experience, maka audiens akan mendapatkan iklan yang jauh lebih interaktif.Cara kerjanya sangat mirip sekali dengan iklan pada stories Instagram. Audiens bisa melakukan swipe, scroll gambar, menonton video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi dengan tampilan iklan yang full-screen, tentunya promosi bisa menjadi jauh lebih menarik lagi.
6. Koleksi
Koleksi adalah jenis Fb ads yang masih berhubungan dengan instant experience. Karena biasanya koleksi akan tampil bersama instant experience.Lebih jelasnya, lihat contoh iklan Fb Ads di bawah ini:
Fb Ads jenis koleksi ini bisa muncul secara full-screen pada tampilan perangkat seluler. Maka audiens akan menemukan katalog produk bersamaan dengan foto atau video yang sudah Anda tampilkan. Tentunya, hal ini akan memudahkan audiens dalam mempelajari penawaran dari Anda. Selain itu, konversi juga bisa jadi lebih cepat dilakukan.
Cara Membuat Halaman di Facebook
Tahap pertama yang Anda lakukan sebelum membuat Fb Ads untuk pertama kali adalah buat halaman (Fanspage) di Facebook terlebih dahulu apabila Anda belum memiliki halaman di Facebook.
- Buka Facebook Pages
- Pilih Kategori
- Lengkapi Informasi
- Unggah Foto Profil
- Unggah Foto Sampul
1. Buka Facebook Pages
Buka Facebook Pages, kemudian pilih jenis halaman yang menggambarkan tentang bisnis Anda.2. Pilih Kategori
Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan milik Anda, kemudian klik menu Memulai.3. Lengkapi Informasi
Isi alamat dan nomor telepon perusahaan. Disini Anda bisa mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon perusahaan anda.4. Unggah Foto Profil
Masukkan Foto Profil untuk halaman Facebook milik Anda.5. Unggah Foto Sampul
Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook milik Anda.6. Selesai
Sekarang Anda sudah memiliki halaman di Facebook. Langkah selanjutnya adalah membuat Fb Ads.Cara Membuat Fb Ads
Setelah memiliki halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa untuk mulai membuat Fb Ads untuk beriklan di Facebook.
- Buka Fb Ads
- Pilih Pembuatan Iklan Terpandu
- Tentukan Tujuan Iklan
- Pilih Tujuan Iklan
- Pilih Jenis Iklan Facebook
- Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik
- Tampilkan Promo
- Tentukan Target Audience
- Tentukan Penempatan
- Pilih Jadwal
- Pilih Format Iklan
- Buat Teks
- Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan URL Website
- Cara Bayar Iklan Facebook
1. Buka Fb Ads
Buka halaman Fb Ads Manager. Pastikan terlebih dahulu kalau Anda sebelumnya sudah login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook.2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu
Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Iklan Cepat. Saran AdwordsAds sebaiknya Anda pilih Pembuatan Iklan Terpandu saja, supaya iklan Anda bisa lebih spesifik dan tertarget.3. Tentukan Tujuan Iklan
Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang Anda inginkan. Facebook sudah menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori berbeda yang bisa Anda pilih, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.Kesadaran
- Kesadaran Merek: Tujuan iklan Fb Ads ini akan meningkatkan brand awareness Anda dan menjangkau lebih banyak orang yang kemungkinan besar tertarik.
- Jangkauan: Tujuan iklan Fb Ads ini akan menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang yang sesuai dengan anggaran Anda.
Pertimbangan
- Lalu lintas/Trafik: Tujuan iklan Fb Ads ini akan meningkatkan jumlah visitor ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi yang Anda miliki.
- Interaksi: Pilihan ini sangat tepat apabila Anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada sebuah acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk melakukan promosi mengenai produk Anda.
- Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini sangat berguna untuk Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang sudah Anda buat.
- Penayangan video: Apabila Anda sudah membuat konten berupa video, maka pilihan yang satu ini harus Anda pilih supaya bisa mendapatkan lebih banyak orang yang menonton video Anda.
- Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk yang Anda miliki, data tersebut bisa berupa alamat email.
- Pesan: Mengajak target audience Anda untuk mengirim pesan ke bisnis milik Anda melalui Messenger atau WhatsApp.
Konversi
- Konversi: Di tujukan untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan cara melakukan pembelian produk melalui website Anda.
- Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang sudah ditentukan.
- Kunjungan toko: Apabila Anda memiliki toko offline atau toko fisik, maka silahkan pilih bagian ini supaya bisa meningkatkan pelanggan yang mengunjungi toko Anda.
4. Pilih Tujuan Iklan
Pertimbangkan tujuan iklan mana yang lebih cocok untuk Anda. Di cara membuat Fb Ads kali ini yang AdwordsAds pilih adalah tujuan lalu lintas/trafik.5. Pilih Jenis Iklan Facebook
Fb Ads menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Disini Anda harus memilih salah satunya. Dua jenis iklan facebook tersebut tidak bisa digunakan secara bersamaan.Sayangnya, jenis iklan uji split ini membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan dengan jenis iklan pengoptimalan anggaran. Di tutorial ini AdwordsAds akan memilih jenis iklan kedua karena lebih cocok untuk Fb Ads pemula.
Pada langkah yang satu ini Anda juga perlu untuk menentukan anggaran iklan. Disini Anda bebas untuk menentukan anggaran iklan Anda di Fb Ads.
Pada tutorial kali ini AdwordsAds memasukkan anggaran Fb Ads sebesar 1 juta rupiah. Apakah Anda merasa penasaran, bagaimana anggaran 1 juta ini akan digunakan untu beriklan di Facebook Ads?
Secara sederhana, dana tersebut ditentukan sesuai dengan jenis iklan yang akan digunakan. Perhitungan biaya ini berdasarkan jenis industri dan persaingan bid yang terjadi.
Inilah beberapa metode iklan yang ada di Fb Ads:
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah metode pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan oleh pengguna Facebook pada Fb Ads Anda.Apabila menginginkan banyak trafik di website Anda, maka jenis iklan inilah yang sangat tepat dan sesuai.
Karena iklan yang diklik oleh pengguna akan otomatis langsung mengarahkannya menuju website Anda. Kuncinya, gunakan CTA yang tepat seperti “Pelajari lebih lanjut” atau “Dapatkan sekarang”.
CPM pilihan yang tepat untuk Anda apabila ingin meningkatkan brand awareness. Berbeda dengan iklan CPC yang tidak secara otomatis mengajak para pengguna untuk berkunjung ke website.
Jenis Fb Ads yang satu ini sangat tepat untuk produk yang lebih menarik saat ditampilkan menggunakan video. Perlu Anda ingat, informasi iklan yang disampaikan harus singkat dan jelas. karena, biaya akan terhitung per 10 detik.
Untuk memasangny, akan ada Facebook Pixel yang bekerja untuk mengamati aktivitas online pengguna Facebook yang ada di dalam website Anda.
Jenis iklan ini sangat cocok untuk bisnis baru yang tujuannya meningkatkan brand awareness, seperti halnya iklan CPM.
Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience Fb Ads Anda. Masukkan juga link atau URL website yang dituju.
Anda bisa melakukan pembayaran Fb Ads melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka Facebook akan mulai melakukan review terhadap iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.
CPM (Cost Per Mille)
Sesuai dengan namanya, biaya CPM dihitung per 1000 tayangan iklan. Metode iklan yang satu ini boleh dikatakan mirip dengan penayangan di platform periklanan yang lainnya.CPM pilihan yang tepat untuk Anda apabila ingin meningkatkan brand awareness. Berbeda dengan iklan CPC yang tidak secara otomatis mengajak para pengguna untuk berkunjung ke website.
CPV (Cost Per View)
Apakah Fb Ads Anda berupa video? CPV adalah metode penawaran untuk iklan video yang di mana Anda harus membayar untuk satu penayangan.Jenis Fb Ads yang satu ini sangat tepat untuk produk yang lebih menarik saat ditampilkan menggunakan video. Perlu Anda ingat, informasi iklan yang disampaikan harus singkat dan jelas. karena, biaya akan terhitung per 10 detik.
CPA (Cost Per Action)
Perhitungan CPA berdasarkan transaksi yang terjadi di dalam website Anda. Bukan transaksi pembelian saja. Bisa juga berupa registrasi keanggotaan (member), langganan newsletter, atau download ebook.Untuk memasangny, akan ada Facebook Pixel yang bekerja untuk mengamati aktivitas online pengguna Facebook yang ada di dalam website Anda.
CPL (Cost Per Like)
CPL merupakan jenis perhitungan biaya iklan berdasarkan jumlah like untuk halaman Facebook Anda.Jenis iklan ini sangat cocok untuk bisnis baru yang tujuannya meningkatkan brand awareness, seperti halnya iklan CPM.
6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik
Tulis nama iklan supaya Anda bisa melihat performa semua iklan yang ada di Fb Ads. Kemudian, pilih tujuan trafik yang ingan Anda arahkan. Misalnya saja, Anda ingin mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, WhatsApp, dan yang lainnya.7. Tampilkan Promo
Apabila bisnis Anda sedang menjalankan promosi, maka centang pilihan promo untuk menampilkan promosi tersebut di Fb Ads.8. Tentukan Target Audience
Seperti yang sudah AdwordsAds sebutkan pada awal artikel, di Fb Ads ini Anda bisa menentukan target audience lebih spesifik berdasarkan berbagai faktor yang ada di bawah ini:- Pemirsa Khusus: Disini Anda bisa mengatur jangkauan orang yang pernah berhubungan dengan Anda, baik secara online maupun offline. Anda juga bisa mengarahkan iklan kepada mereka yang pernah mengunjungi website Anda, berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, sampai semua orang yang pernah menelepon Anda.
- Lokasi: Disini Anda bisa menentukan target lokasi promosi Fb Ads. Masukkan satu atau beberapa negara, semisal negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang yang berada di lokasi tertentu. Fitur penargetan lokasi ini hanya tersedia di beberapa negara saja.
- Umur: Apabila produk yang akan Anda iklankan menggunakan Fb Ads ini berdasarkan rentang usia tertentu saja, maka Anda bisa memilih target berdasarkan usia, misalnya saja orang dengan usia 18-35 tahun. Silahkan disesuaikan dengan produk yang akan Anda promosikan.
- Jenis Kelamin: Disini Anda juga bisa menentukan iklan yang akan ditampilkan yang sesuai dengan jenis kelamin, apabila produk yang kita iklankan khusus wanita, maka Anda bisa memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu Anda juga bisa memilih keduanya.
- Bahasa: Apabila Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, maka biarkan menu yang satu ini kosong, kecuali pengguna yang Anda targetkan tersebut menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan pada lokasi yang telah Anda pilih sebelumnya.
- Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk menyesuaikan target iklan supaya bisa lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori yang lainnya. Silahkan pilih yang sesuai dengan produk Anda.
- Koneksi: Pilihan ini bisa digunakan apabila Anda ingin menampilkan iklan ke orang yang sudah terhubung pada halaman Anda, aplikasi atau acara yang Anda buat. Sehingga iklan promosi melalui Fb Ads ini bisa dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Hal ini akan lebih menargetkan jangkauan iklan Anda dengan menyertakan orang yang sudah memiliki hubungan khusus tersebut, dan juga sudah memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih.
9. Tentukan Penempatan
Untuk menentukan penempatan Fb Ads yang ingin ditampilkan oleh Anda, di sini kami memilih iklan dengan Penempatan Otomatis. Pilihan ini lebih baik karena Facebook akan secara otomatis menampilkan iklan pada tempat yang memiliki kinerja terbaik.10. Pilih Jadwal
Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Pada tutorial ini AdwordsAds lebih memilih untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.11. Pilih Format Iklan
Terdapat lima jenis format iklan yang ada di Fb Ads ini bisa Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:- Karosel: Tampilan iklan dengan gambar atau video sebanyak 2 atau lebih yang bisa digeser.
- Gambar Tunggal: Tampilan iklan yang ada di Fb Ads dengan 1 gambar.
- Video Tunggal: Iklan yang ada di Fb Ads dengan sebuah video.
- Tayangan Slide: Iklan yang ada di Fb Ads dengan gambar atau video slide sampai 10 gambar
- Koleksi: Iklan yang ada di Fb Ads ini bisa berupa gabungan gambar dan video.
12. Buat Teks
Pada bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat supaya audience Fb Ads Anda bisa langsung paham apa tujuan iklan Anda.13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan URL Website
Pilihlah gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format Fb Ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda.Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience Fb Ads Anda. Masukkan juga link atau URL website yang dituju.
Harga dan Cara Pembayaran Fb Ads
Harga Facebook Ads sendiri berdasarkan informasi yang diberikan oleh pihak Facebook harganya adalah $50 per minggu sampai $50.000 per minggu.Sedangkan, pembayaran yang tidak tersedia di fb ads adalah melaui e-wallet seperti OVO, GoPay, Dana, dan yang lainnya.
Nah, itulah beberapa informasi mengenai Fb Ads, mulai dari apa itu FB Ads, jenis-jenis iklannya, cara membuat Fb Ads, sampai harga Facebook Ads, serta cara pembayaran Fb Ads.