Mengiklankan produk atau bisnis melalui online memang memungkinkan Anda untuk bisa menampilkan iklan sesuai dengan minat terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda juga bisa melacak siapa saja orang yang tertarik klik Iklan Anda dan mampu menjangkau calon pelanggan di berbagai jenis perangkat.
Google AdWords adalah program periklanan online berbayar milik Google. Melalui Google AdWords, Anda dapat membuat iklan melalui online untuk dapat menjangkau calon konsumen yang tertarget pada saat mereka tertarik terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan.
Google AdWords merupakan platform Iklan berbayar yang ditampilkan pada Search Engine Google berdasarkan kata kunci tertentu yang telah kita tentukan sebelumnya. Google adwords ini sudah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan usaha milik mereka. Biasanya mereka akan membidik target tertentu yang relevan dengan usaha mereka. Dengan menggunakan Google AdWords, maka usaha Anda yang di iklankan akan muncul pada posisi teratas di hasil pencarian Google. Jika menggunakan strategi promosi seperti ini, maka usaha Anda akan semakin diketahui oleh banyak orang.
Google AdWords membantu setiap pengiklan (Advertiser), untuk bisa menempatkan iklan produk atau jasa Anda agar berada di tempat khusus yang langsung terjangkau oleh mata pengunjung dan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung melalui search engine Google.
5 Fungsi Google AdWords
Ada beberapa fungsi Google AdWords yang bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan saat Anda akan memasang iklan di Google untuk mengembangkan bisnis dan usaha Anda. Karena bisnis atau usaha apa saja yang dipromosikan di Google akan dilihat oleh calon konsumen yang tertarget. Sebab Google adalah pemberi solusi dan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengguna Google. Kata kunci apa saja yang dimasukkan dalam kolom pencarian, pasti Google akan memberikan jawaban yang relevan. Oleh sebab itu, mempromosikan bisnis atau usaha melalui Google adalah investasi terbaik untuk kemajuan bisnis Anda. Berikut ini merupakan lima fungsi Google AdWords, simak selengkapnya berikut ini:
1. Meningkatkan Trafik Tertarget
Penargetan memberikan Anda kemampuan untuk menampilkan iklan supaya bisa menjangkau banyak orang yang sesuai dengan minat mereka, yaitu mereka yang memang berminat dengan produk dan layanan milik Anda dan menampilkan iklan yang relevan terhadap mereka.
Google AdWords mampu memberikan peningkatan karena iklan yang kita jalankan di Google akan tampil di semua website dan di berbagai platform yang bermitra dengan Google, seperti YouTube, dan sebagainya. Google Adwords juga memberikan kebebasan pemakaian kata kunci yang relevan tanpa batas. Sehingga website bisnis Anda hanya akan dilihat oleh calon konsumen yang tertarget.
Google AdWords juga menerapkan sistem perhitungan PPC (Pay Per Click) yang dimana nantinya akan di konversikan ke pengunjung yang klik iklan kita.
2. Menampilkan Iklan di Deretan Paling Atas pada Hasil Penelusuran
Bayangkan, apabila website bisnis Anda muncul di dertan paling atas pada hasil pencarian Google, tentunya secara otomatis akan meningkatkan jumlah pengunjung yang melihat website bisnis Anda. Website yang menggunakan Google AdWords juga akan muncul saat ada orang yang memasukan kata kunci atau keyword yang relevan dengan bisnis Anda.
3. Bisa Mengendalikan Biaya Iklan Google AdWords
Google AdWords juga memberikan Anda kendali untuk menentukan budget promosi, tidak ada batas minimum, dan Anda juga bisa memilih jumlah budget yang ingin Anda pakai untuk promosi, baik itu per bulan, per hari, dan per klik. Anda hanya akan membayar jika ada orang yang melakukan klik terhadap iklan Google AdWords milik Anda.
4. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan sering munculnya website bisnis Anda pada hasil pencarian google, maka secara perlahan akan menciptakan brand awareness terhadap pengguna Google.
5. Mengukur Kesuksesan Bisnis Anda
Dengan menggunakan Google AdWords, Anda bisa melihat dan mengetahuinya jika ada seseorang yang klik iklan Anda. Apabila mereka melakukan klik terhadap iklan Anda, kemudian mereka tertarik untuk membeli produk, mendownload aplikasi, atau melakukan pemesanan melalui telepon, maka Anda bisa dengan mudah melacaknya.
Dengan mengamati iklan Google AdWords mana yang sering di klik, dan mana yang jarang di klik, maka Anda bisa menentukan harus berinvestasi pada iklan yang mana. Hal tersebut tentunya bisa meningkatkan keuntungan atas investasi yang Anda lakukan.
Anda juga bisa mendapatkan data berharga yang lainnya, termasuk mengatur budget yang tepat terhadap iklan yang memiliki peluang untuk menarik pembeli atau panggilan telepon pelanggan bisnis Anda.
Nah, itulah beberapa fungsi Google AdWords yang perlu di perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memasang iklan di Google.