Apakah Anda ingin memasang iklan di Facebook Ads? Bingung, bagaimana caranya? Tenang, pada kesempatan kali ini AdwordsAds akan memberikan tutorialnya untuk Anda secara gratis.
Facebook Ads
Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah layanan yang ditawarkan dan dimiliki oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanspage (halaman) yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan bisa diatur oleh pemasang iklan tersebut.Penempatan iklan di Facebook Ads biasanya berada pada beranda atau sidebar. Ada beberapa macam iklan yang sudah disediakan oleh Facebook Ads. Apabila dilihat dari bentuknya, terdapat iklan video dan gambar. Facebook Ads juga mempunyai beberapa kategori iklan yang bisa dilihat dari tujuannya, selengkapnya simak dibawah ini:
Tujuan Iklan di Facebook Ads
Sebelum Anda memasang iklan di Facebook untuk promosi, Anda harus memahami terlebih dahulu berbagai jenis tujuan iklan Facebook Ads, karena sebelum Anda memulai campaign, Anda harus memilih tujuan iklannya terlebih dahulu.Dibawah ini merupakan beberapa tujuan Facebook Ads yang bisa Anda pilih sebelum memasang iklan di Facebook:
Awareness
Awarness adalah salah satu tujuan iklan Facebook Ads yang bisa Anda pilih sebelum melakukan promosi. Tujuan iklan Facebook Ads ini berfungi supaya Anda bisa menampilkan iklan kepada para pengguna yang kemungkinan besar akan mengingat nama brand milik Anda.
Dengan Anda memilih tujuan iklan Facebook Ads ini, maka Anda akan diberikan estiminasi peningkatan ad recall yang menunjukan perkiraan jumlah orang yang akan mengingat brand milik Anda kalau mereka ditanya beberapa hari kemudian. Oleh karena itu, Anda memerlukan percobaan peningkatan brand supaya bisa mengetahui ukuran ad recall yang tepat.
Pada tujuan iklan Facebook Ads ini, Anda akan menemukan dua pilihan yaitu brand awareness dan reach. Simak penjelasannya dibawah ini.
Pada tujuan iklan Facebook Ads ini, Anda akan menemukan enam tujuan pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuan Fb Ads Anda, yaitu:
Tujuan iklan Facebook Ads konversi, ada tiga tujuan di dalamnya, yaitu:
Berikut ini adalah jenis Facebook ads beserta dengan ulasannya.
Pada tujuan iklan Facebook Ads ini, Anda akan menemukan dua pilihan yaitu brand awareness dan reach. Simak penjelasannya dibawah ini.
- Brand Awarnerss: Sama seperti Namanya, iklan Facebook Ads ini digunakan untuk meningkatkan awareness audiens terhadap brand milik Anda dengan menampilkan iklan pada audiens yang bisa mengingat Brand dan tertarik dengan brand yang Anda iklankan.
- Reach: Sama seperti namanya, iklan Facebook Ads ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang luas sesuai dengan Batasan budget iklan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Dengan memilih tujuan iklan Facebook Ads ini, Anda juga bisa mengatur supaya iklan bisa menjangkau audiens yang berada di lokasi tertentu.
Pertimbangan atau Consideration
Selain tujuan iklan awareness, Facebook Ads juga memiliki tujuan pertimbangan atau disebut juga dengan consideration. Nah, tujuan iklan Facebook Ads ini untuk membuat pengguna melakukan apa yang Anda inginkan ketika melihat tampilan iklan Anda seperti menginstal aplikasi, meningkatkan traffic dengan mengklik tautan, leads generation, daftar dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pada tujuan iklan Facebook Ads ini, Anda akan menemukan enam tujuan pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuan Fb Ads Anda, yaitu:
- Pemasangan Aplikasi: Fitur Facebook Ads ini memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi ketika pengguna tersebut melihat tampilan iklan Anda dengan memberikan direct link/Url untuk mengarahkan pengguna menuju ke App Store atau Google Play Store.
- Traffic: Sama seperti namanya, iklan Facebook Ads ini bertujuan untuk meningkatkan traffic halaman bisnis milik Anda atau website, serta memungkinkan audiens untuk mengambil tindakan tertentu saat berada disana seperti memanfaatkan landing page yang ada di dalam website milik Anda.
- Leads: Melalui fitur Facebook Ads yang satu ini, Anda bisa menargetkan audiens yang tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai produk atau brand milik Anda, serta mendorong mereka untuk mengisi formulir atau melakukan subscribe pada website Anda.
- Pesan: Melalui iklan Facebook Ads ini, Anda bisa mengajak audiens untuk membuka lebih banyak interaksi melalui Messenger. Dengan begitu, Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan mereka, sehingga Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan, mendapatkan leads baru, dan konversi yang baru.
- Interaksi/Engagement: Dengan memilih tujuan Facebook Ads ini memungkinkan Anda untuk mengajak audiens mengunjungi dan mengikuti halaman Anda, ataupun berinteraksi di dalam postingan dengan memberikan komentar, share, dan react.
- Tayangan Video: Dengan menggunakan Facebook Ads ini, Anda bisa menayangkan video kepada audiens yang kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan brand milik Anda dan akan menontonnya sampai video promosi Anda selesai.
Conversion
Ketika Anda memilih tujuan iklan Facebook Ads konversi, disini Anda memerlukan pixel Facebook untuk website, aplikasi, atau messenger. Dengan menggunakan iklan Facebook Ads ini, Anda bisa memilih tempat yang Anda inginkan supaya terjadi konversi seperti di website, Aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. Kemudian, menayangkan iklan Facebook Ads kepada audiens yang sudah mengunduh aplikasi Anda.
Tujuan iklan Facebook Ads konversi, ada tiga tujuan di dalamnya, yaitu:
- Konversi: Fitur Facebook Ads konversi ini bisa membantu Anda untuk mengajak audiens melakukan tindakan tertentu di dalam website atau aplikasi. Mislanya saja, melakukan pembelian produk, mendatangkan leads baru, berlangganan, pendaftaran diri, atau jenis konversi yang lainnya.
- Kunjungan Toko: Dari namanya saja fitur Facebook Ads ini sudah jelas memiliki tujuan apa. Disini Anda bisa mendorong audiens untuk melakukan kunjungan secara langsung, pembelian, dan tindakan yang lainnya. Sehingga Anda bisa melakukan konversi traffic menjadi penjualan yang menguntungkan untuk bisnis milik Anda.
- Penjualan Katalog: Fitur Facebook Ads ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki stok dan variasi produk yang berbagai macam. Penjualan katalog bisa mempromosikan berbagai produk dan jasa yang akan menarik minat calon pembeli sekaligus. Melalui fitur Facebook Ads ini juga, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa yang relevan kepada audiens secara otomatis.
Jenis Facebook Ads
Ada berbagai jenis Facebook ads yang bisa Anda gunakan untuk beriklan. Dengan mengetahuinya, maka Anda bisa menilai jenus Facebook Ads manakah yang tepat dan relevan untuk mendongkrak bisnis Anda.
Berikut ini adalah jenis Facebook ads beserta dengan ulasannya.
1. Facebook Photo Ad
Jenis Facebook Ads yang pertama adalah Facebook Photo Ad. Fb Ads yang satu ini merupakan iklan yang termudah. Karena Anda hanya perlu upload foto, memilih tombol CTA, dan juga link website bisnis Anda.Contoh iklan Fb Ads jenis Facebook Photo Ad dari aplikasi Tokko:
Oleh sebab itu, gunakan foto yang semenarik mungkin, dengan resolusi bagus, serta menyampaikan pesan dengan singkat dan tepat. Selain itu, pastikan juga kalau ukuran gambar yang digunakan sudah tepat.
2. Facebook Video Ad
Ingin membuat Fb Ads Anda terlihat tidak membosankan? Maka Facebook video ad bisa menjadi solusi yang tepat.Contoh iklan Fb Ads jenis video ad dari sitemile.com:
Dengan menggunakan format video, maka iklan Facebook Ads Anda bisa mencapai tujuan yang di inginkan. Untuk menampilkan produk dan layanan, menarik perhatian calon customer dengan cepat, serta mengarahkan calon customer untuk melakukan action tertentu.
3. Slideshow
Apabila Anda ingin memasang iklan Facebook Ads untuk berbagai produk atau layanan dalam sekali posting, maka slideshow adalah cara yang tepat. Dengan menggunakan Fb Ads ini, Anda bisa melakukan kombinasi seperti gambar, video, teks, sampai suara, sehingga informasi yang disampaikan bisa lebih maksimal.Contoh iklan Fb Ads jenis Slideshow dari aplikasi OVO:
Facebook Ads juga memberikan Anda kesempatan untuk membuat slideshow ad dengan jumlah 3 sampai 10 gambar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan efek sendiri untuk gambar postingan, supaya jauh lebih menarik.
4. Carousel
Selanjutnya, ada carousel. Apabila dilihat sekilas, mungkin jenis Facebook ads yang satu ini sedikit mirip dengan slideshow ad. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup besar.Pada jenis Facebook Ads slideshow ad, satu per satu gambar akan muncul secara bergantian dalam satu tampilan. Sedangkan pada carousel mampu menampilkan deretan gambar dalam satu tampilan sekaligus.
Contoh iklan Fb Ads jenis Carousel dari TokoTalk:
Menariknya lagi, disini Anda bisa memasukan tombol CTA untuk setiap gambar. Hal ini memiliki arti kalau kesempatan untuk mendapatkan konversi dari berbagai promosi produk akan semakin besar.
5. Instant Experience
Berbeda dengan jenis Facebook ads yang sebelumnya, iklan instant experience dibuat untuk mengoptimalkan promosi pada perangkat seluler. Dengan menggunakan iklan instant experience, maka audiens akan mendapatkan iklan yang jauh lebih interaktif.Contoh iklan Fb Ads jenis Instant Experience dari TikTok:
Cara kerjanya sangat mirip sekali dengan iklan yang ada pada stories Instagram. Audiens bisa melakukan swipe gambar, menonton video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi dengan tampilan iklan Facebook Ads yang full-screen, tentunya akan membuat promosi menjadi lebih menarik lagi.
Cara kerjanya sangat mirip sekali dengan iklan yang ada pada stories Instagram. Audiens bisa melakukan swipe gambar, menonton video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi dengan tampilan iklan Facebook Ads yang full-screen, tentunya akan membuat promosi menjadi lebih menarik lagi.
6. Koleksi
Koleksi adalah salah satu jenis Facebook ads yang masih berhubungan dengan instant experience. Karena biasanya iklan koleksi akan tampil bersamaan dengan instant experience.Contoh iklan Fb Ads jenis koleksi dari Facebook App:
Jenis Facebook Ads koleksi ini bisa muncul dengan tampilan full-screen pada perangkat seluler. Audiens akan melihat katalog produk bersama dengan foto atau video yang sudah Anda tampilkan di Fb Ads. Tentunya, hal ini akan memudahkan audiens saat mempelajari penawaran produk Anda. Selain itu, konversi juga menjadi lebih cepat dilakukan.
Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Facebook Ads, tujuan iklan, jenis Facebook Ads, sampai cara memasangnya.
Jenis Facebook Ads koleksi ini bisa muncul dengan tampilan full-screen pada perangkat seluler. Audiens akan melihat katalog produk bersama dengan foto atau video yang sudah Anda tampilkan di Fb Ads. Tentunya, hal ini akan memudahkan audiens saat mempelajari penawaran produk Anda. Selain itu, konversi juga menjadi lebih cepat dilakukan.
Cara Memasang Iklan di Facebook Ads
Setelah Anda memiliki halaman di Facebook (Fanspage), Anda sudah bisa mulai untuk memasang iklan di Facebook Ads. Berikut ini merupakan cara memasang iklan di Facebook Ads:
1. Buka Facebook Ads
Buka website resmi Facebook Ads Manager. Pastikan Anda sudah login ke akun Facebook milik Anda yang akan digunakan memasang iklan di Facebook Ads.2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu
Selanjutnya, buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Disana Anda akan melihat dua pilihan untuk memasang iklan Facebook Ads, yaitu Iklan Terpandu dan Iklan Cepat. Saran kami, sebaiknya Anda pilih jenis Iklan Terpandu supaya iklan Anda bisa lebih spesifik.3. Tentukan Tujuan Iklan
Selanjutnya, tentukan tujuan iklan Facebook Ads yang ingin Anda dapatkan. Facebook sudah menyediakan tujuan iklan dengan tiga kategori yang berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.4. Klik Tujuan Iklan Anda
Pertimbangkan tujuan iklan mana yang sangat cocok untuk mempromosikan produk Anda. Pada tutorial Facebook Ads saat ini yang kami pilih adalah tujuan lalu lintas/trafik5. Pilih Jenis Iklan Facebook Ads
Facebook Ads sudah menyediakan dua jenis iklan yang bisa Anda pilih, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Disini Anda harus memilih salah satunya. Dua jenis iklan Facebook Ads tersebut tidak bisa digunakan secara bersamaan.6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik
Tulis nama iklan Facebook Ads Anda supaya bisa melihat performa semua iklan yang ada di FB Ads. Kemudian, Anda pilih tujuan trafik untuk mengarahkan audiens kemana. Anda bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, WhatsApp, atau yang lainnya.7. Tampilkan Promo
Jika Anda sedang menjalankan promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.8. Tentukan Target Audience
Seperti yang sudah kami sebutkan pada awal artikel, disini Anda bisa menentukan spesifikasi target audience Anda berdasarkan beberapa faktor, seperti pemirsa khusus, lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, penargetan terperinci, dan koneksi.9. Tentukan Penempatan Iklan
Untuk menentukan tempat iklan Facebook Ads yang ingin ditampilkan, di sini kami akan memilih Penempatan Otomatis. Pilihan ini jauh lebih baik, karena Facebook secara otomatis akan menampilkan iklan pada beberapa tempat yang memiliki kinerja lebih baik.10. Pilih Jadwal
Tentukan berapa lama iklan Facebook Ads Anda akan ditampilkan. Pada tutorial kali ini kami akan memilih untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.11. Pilih Format Iklan
Ada lima jenis format iklan pada Facebook Ads yang bisa Anda pilih, yaitu Karosel, Gambar Tunggal, Video Tunggal, Tayangan Slide, dan Koleksi.12. Buat Teks
Pada bagian ini, tulis deskripsi iklan Facebook Ads milik Anda. Buatlah deskripsi yang singkat dan menarik, supaya audience Fb Ads Anda bisa langsung mengerti tujuan iklan produk Anda.13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan
Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Facebook Ads Anda. Setiap format pada FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda satu sama lain.14. Bayar Iklan Facebook Ads
Anda bisa bayar iklan Facebook Ads melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka Facebook akan mulai review iklan milik Anda dan akan segera menampilkannya apabila sudah memenuhi semua syarat kebijakan dan ketentuan yang berlaku.Penutup
Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah sebuah platform periklan yang sangat efektif untuk memperluas pasar digital Anda. Dengan memaksimalkan potensi dari FB Ads untuk memperoleh lebih banyak konsumen.Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Facebook Ads, tujuan iklan, jenis Facebook Ads, sampai cara memasangnya.